Minggu, 22 Februari 2009

Menjadi Webdesign atau Penulis

Dua profesi diatas adalah profesi yang sama-sama sulit dan membutuhkan keahlian khusus.
Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa menulis itu lebih mudah daripada mendesign web. Mereka bilang selama bisa membaca, mengerti tata bahasa ya sudah tinggal menulis saja.

Menjadi seorang Webmaster yang ahli dalam mendesign web, di butuhkan keahlian khusus. Tak semua orang bisa membuat design yang harmonis dan enak di lihat serta tak boros warna yang menyebabkan sakit mata atau penuh animasi kelap kelip yang menyebabkan web berat dibuka.

Menurut saya, baik menulis maupun mendesign web, sama-sama butuh ranah kognitif. Kedua kegiatan itu membutuhkan kecerdasan dan keterampilan.

Bila asal menulis, setiap orang sanggup. Tetapi untuk menghasilkan sebuah karya yang setiap kata-katanya beroperasi secara matang bahkan hingga penulis itu telah tiada, karya-karyanya masih dicetak ulang dan tetap diminati oleh para pembacanya, contohnya Agatha Christie, ia lahir di Torquay, Devon, Inggris pada tahun 1890, dikenal di seluruh dunia sebagai The Queen of Crime, Ratu Penulis Cerita Kriminal. Banyak hasil karya novelnya yang sudah di filmkan, tentu tak semua orang mampu. Kisah yang dia bangun begitu utuh sepanjang novel.

Sekarang, mendesign. Walau sebagian orang berpendapat mendesign web pekerjaan yang mudah, bukan berarti dalam membuat design sebuah web bisa dilakukan setiap saat. Butuh merenung, mencari ilham, browsing sana sini sekedar cari inspirasi dll. Design yang dibuat harus disesuaikan dengan kepribadian pemilik website, tidak asal design.

Satu yang pasti, untuk bisa menghasilkan design yang sempurna, selain keterampilan, pengetahuan, juga di butuhkan latihan yang sering. Dengan banyak berlatih, kita lama-lama hafal tag tag HTML hingga tak perlu lagi berpikir terlalu lama. Itupun tetap saja banyak yang belum sempurna. Designer sehebat apapun, pasti punya kelemahan. Karena teknologi web yang terus berkembang mungkin tak sejalan dengan update diri.

Kembali ke menulis. Untuk menjadi penulis, syaratnya harus tekun, banyak latihan menulis, mulailah menulis tentang diri sendiri, review buku/ situs. Buatlah sebuah blog dan mulailah melatih tulisan-tulisan anda.

Maka, dari situ saya simpulkan bahwa, baik menulis maupun mendesign web, sama-sama di butuhkan ketekunan dan tekad yang kuat untuk terus berlatih menggali potensi diri.

Kini pilihan ada di tangan anda, ingin menjadi Penulis atau seorang Webmaster ?

0 komentar:

Posting Komentar

Sumber Uang

Visitor

free counters

SEO Monitor


Search Engine Optimization and SEO Tools
Google bot last visit powered by Scriptme Msn bot last visit powered by Scriptme Yahoo bot last visit powered by Scriptme

Increase your back-link numbers and therefore your website's page rank by: 1.Back-links, page rank and keywords ANALYSIS and 2. Back-link rotation exchange rotation system & Google-Bot detection and behavior analysis